Minggu, 31 Januari 2010

euforia cinta fitri dan kisah sedih si setengah-setengah

semua orang pernah merasa stress kan? aku juga pernah

aku ini jenis orang yang selalu setengah-setengah atau berlebihan. menyedihkan memang. aku suka menulis, aku punya segudang ide yang menggila jika tidak segera kutulis. lalu ditengah-tengah aku selalu mengalami writer block. dan lucunya, aku selalu mengalami ini di hampir semua karanganku sehingga lemariku sekarang penuh cerita-cerita tak berujung. aku suka menulis dari kelas 6 sd, sejak membaca kumpulan kisah nabi di perpustakaan. menurutku para nabi itu tidak ada duanya. nabi musa bisa membelah laut, ya tuhan, rekor membelahku cuma buah apel untuk bekal makan siang. nabi isa bisa menghidupkan orang mati, hal paling keren yang pernah kubaca. aku tau siapa yang akan kubangkitkan jika aku nabi isa. aku akan membangkitkan isaac newton untuk jadi guru les matematikaku, dan michael jackson untuk jadi radioku sepanjang hari. dan mungkin adolf hitler. dia akan jadi buku paket sejarahku tentang perang dunia, jadi aku pasti akan menjadi siswa gemilang saat ujian sejarah rabu depan.

saat aku kelas sd dulu, aku suka menulis cerita tentang kehidupan orang barat. aneh memang, mengingat aku tinggal di asia tenggara. tapi begitukan manusia, selalu menganggap rumput tetangga lebih hijau. jadi aku mulai menulis tentang claire si mata biru, anak seorang pengusaha hotel yang sukses, hobi berbelanja di fifth avenue dan punya segudang sepatu boots. karena claire sombong, peri gigi sebal melihatnya dan pada suatu malam, saat natal, peri gigi mencabut satu gigi claire, tepat di depan, sehingga claire tidak ada bedanya dengan dakocan. dan sampai disitulah ceritaku. aku bingung dengan nasib claire selanjutnya. apakah claire akan malu sekali hingga menghabiskan seluruh hidupnya di ruang bawah tanah, atau claire akan menjadi wanita ompong pertama yang menyuarakan wanita pun bisa cantik walau tetap ompong, dan menjadi cover teen vogue.

sejujurnya aku tidak tega menulis penderitaan claire karena giginya tanggal, jadi aku menyimpan cerita itu rapat-rapat, di bagian bawah lemariku.



nah, anehnya, aku kalau ambisisus kelewat ambisius.

saat awal tahun baru aku benar-benar ingin menjadi pianis handal seperti nodame, maksudku ingin itu benar-benar ingin. seperti masku bermain game online, aku latihan selama mungkin. karena aku baru mulai beberapa bulan yang lalu, berarti aku harus bekerja dua, tidak tidak, tiga kali lebih keras dari orang lain. aku bangun jam 3 pagi sampai jam 5 untuk latihan, karena seharian aku sibuk sekolah dan les. dan malamnya pun aku masih latihan. semua buku teori aku lahap habis, dan permainan pianis handal seperti lang lang, richard clayderman, atau hee ah lee, cewek keren yang berterkebelakangan mental dan hanya mempunyai empat jari , yang bisa bermain fantasie impromptu semudah membalik telapak tangan- aku tonton permainannya sampai juling.



dan kamu tahu, aku stress sekali. dimalamnya aku harus mengerjakan tugas dan latihan piano sekaligus, jadi kadang aku hanya tidur beberapa jam. sampai akhirnya teriakan farel mencari fitri menyelamatkanku.

aku tidak pernah menonton sinetron di tv, karena koran-koran itu bilang sinetron merusak moral bangsa. karena aku jenis orang yang gampang terpengaruh dan tidak ingin moralku dirusak, aku menjauhi sinetron seperti aku menjauhi ular. dan sinetron cinta fitri membuatku rileks sedikit. dan agak tertawa mungkin. bagaimana bisa orang bangun tidur bisa sudah make up an dan rambutnya tertata rapi begitu. setahuku orang bangun tidur rambutnya berantakan, pakai baju longgar dan bukannya kaus bermerek. walaupun ceritanya agak lumayan aku masih tidak habis pikir deh dengan neneknya. kenapa sih dia sebegitu bencinya dengan fitri? seharusnya dia ikut kegiatan sosial, membantu anak-anak miskin atau membeli beberapa baju untuk cucunya, hidupnya mungkin akan lebih bermanfaat.

dan sejak saat itu aku mulai melihat wajah fitri dimana-mana. aku suka wajah shireen sungkar, unik dan manis. gampang mengenali wajahnya di antara lusinan cewek berbedak, karena dia bangga dengan dirinya, dan bukannya berubah menjadi barat. dan anehnya, aku melihat wajah yang miriiiiiiiiiiiiiiiiiiip sekali dengan shireen, dua kali, di perpustakaan kota dan indomaret. aku bertanya-tanya apa yang shireen lakukan di jogja, menggenakan seragam indomaret dan menjadi petugas perpus kota? mungkin dia ingin berbaur dengan kehidupan orang biasa sebentar, lalu pulang ke jakarta untuk berbelanja. mungkin saja lho.



ohya, kalian tahu imogen heap? singer indie keren asal inggris, pemilik lagu-lagu spooky yang gak bakal bosen didengerin berkali-kali,cewek yang gaya fashionnya gak kalah amaze sama lady gaga ini bakalan konser di jakarta tanggal 31 maret besok. aku gak tau tempatnya dimana sih, kalau gak salah di ballroom hotel ritz charlton, tapi yang aku tau, aku bakal nabung dari sekarang, karena tiketnya cuma sekitar 300-400 ribu.

300-400 ribu untuk menonton imogen heap nyanyi goodnight and go? orang bodoh macam apa sih yang akan nolak?



semoga kita bisa ketemu disana! gampang saja kok mengenaliku, aku cewek berbaju norak yang akan berdiri tepat di depan dan berteriak histeris sampai para sekuriti menarikku keluar.

IMOGEN HEAP, WELCOME TO INDONESIA!

Sabtu, 23 Januari 2010

10 EXCUSES WHY I HATE ANDREA HIRATA

1. Om andrea ( oke, aku mulai terdengar sok akrab, tapi kan tidak mungkin aku hanya memanggil namanya saja) punya ayah paling hebat yang pernah kubaca. aku selalu tidak percaya jika mengingat fakta bahwa ayahnya selalu bersepeda sejauh 30 KM hanya untuk mengambil rapor anaknya. luar biasa, benar-benar bikin iri. ayahku tipe orangtua kebanyakan, ayah yang suka menonton bola sampai ketiduran, dan gila kerja. aku tidak tahu mengapa ayahku tidak bisa berhenti bekerja sebentar dan bersenang-senang, membelikan anak gadisnya ini baju bermerek misalnya. tapi begitulah ayahku, walaupun beliau sering menggelitiku sampai aku menggeliat hebat seperti cacing, aku tetap sayang ayahku :)

2. Punya saudara yang super pintar tapi udik. Arai. dari pertama membaca aku langsung jatuh hati pada orang ini. dari dulu aku suka melihat orang optimis. biasanya mata mereka bersinar terang, senyumnya mengembang seolah mengatakan 'hal menarik apa yang akan kita lakukan hari ini, kawan?' dan begitulah arai. sikap optimisnya membuatku merinding. hati arai itu seperti kertas baru, kertas yang benar-benar baru, baru keluar dari mesin pencetaknya. kalau diibaratkan, arai adalah spesies langka. maksudku, sepertinya sudah punah kehidupan bahu membahu antar saudara di keluargaku. aku tidak pernah melihat kakakku menjahit kancing kemejaku yang lepas atau lia mnyelimutiku saat tidur, seperti yang arai lakukan pada ikal. mungkin iman anak kota memang telah tergerus televisi.
ohya, dan aku tidak tahu harus bilang apa setelah tahu yang memerankan arai itu ariel peterpan:



3. punya rambut keriting yang patuh pada tuannya. mungkin agak aneh, tapi kuberitahu ya, rambutku juga keriting dan terkadang rambut keriting itu tidak semenyenangkan yang orang kira. aku tidak habis pikir deh, apa sih yang dipikirkan orang-orang berambut lurus diluar sana yang mengeriting rambut mereka? halooooooo disini ada yang ingin rambutnya lurus-lurus saja, bukannya meliku-liku tak keruan. kata sepupu-sepupuku rambut keritingku ini langka, aset negara, kata halus dari aneh. kalau keriting biasa sih gak masalah, tapi ini pakai acara mumbung segala, terbang kesana-kemari. aku curiga jangan-jangan mamaku dulu ngidam baking powder ya kok rambut anaknya semi-kribo begini.



4. om andrea pernah datang ke paris fashion week, kuulangi ya, PARIS-FASHION-WEEK, tempat mengukur seberapa canggihnya kah para hilarious desainer membuat baju hingga tampak pas di cewek-cewek ceking itu. oke, walaupun beliau datang dengan setelan door man dan duduk di barisan paling belakang, tapi beliau bisa melihat victoria beckham dan tetek bengek fashion ikon lainnya secara langsung, bukannya dari majalah seperti yang biasa aku lakukan. dan hal paling menyebalkan adalah, beliau melihat supermodel Daria Werbowy - si tiang listrik peringkat delapan model berpendapatan tertinggi versi Forbes- melenggang di catwalk.



5. teman-teman masa kecil yang sangat seru. sedangkan teman-teman sdku dulu kerjaannya bikin geng dan bergosip tentang pacar masing-masing. sumpah, sebenarnya aku ingin bersikap sesuai umur tapi lingkunganku, membuat cara berpikirku menjadi dewasa, sangat dewasa. dulu rasanya aku ingin bergosip tentang boneka barbie seri terbaru saja, daripada si a yang pacarnya begini dan begitu. dan teman-teman dekat smpku sekarang adalah jenis teman yang menertawakan jingle ademsari di tv. but they are the best :)

7. beliau pernah menginjakkan kakinya di menara eiffel, satu-satunya tempat yang ingin aku kunjungi sebelum mati. tidak adil, aku juga ingin melihat kado natal terbesar itu :(

8. sifatnya keras kepala dan pantang menyerah. sementara keputusanku selalu bimbang, oleng kesana-kesini seperti kapal bocor.

9. pernah berkunjung ke edensor, sebuah kota yang diceritakan buku yang diberikan A ling. romantis sekali. aku tidak pernah diberi buku oleh lawan jenis. apalagi sampai bisa ke kotanya. pernah sih, diberi buku oleh ayahku (bagaimanapun juga kan ayahku lawan jenis) dengan judul yang sangat menarik : FISIKA 8A
edensor, kota yang membuatmu sulit bernafas ketika melihatnya



10. hanya dengan menulis pengalamannya, beliau sukses besar. aku juga suka menulis sih, masalahnya, aku tidak tahu apakah ada hal menarik yang bisa aku tulis dari hidupku. memangnya ada orang yang akan membaca Menunggu Jalur 2 atau Kimia Oh Kimia ? dan semua bukunya itu bestseller, ya tuhan, aku bisa melihat label "SUKSES" menempel di dahinya ketika lahir. dan fakta bahwa dia menggeser Mrs. Wilson dari singgasananya, peringkat satu selama bertahun-tahun sebagai pengarang favoritku, menambah kebencianku pada laki-laki belitong ini. laki-laki yang memberiku banyak inspirasi.

Minggu, 10 Januari 2010

EVERYTHING'S TERRIFYING! marching band and mutan biru and my mom bornday and chocolate

yah, oke, liburanku bukan kategori asik sebenarnya, tapi dengan adanya banyak buku cerita aku bisa sembunyi di bawah selimut, mendengarkan radio, dan membaca seharian. aku bukan anak mall, tentu saja, walaupun aku suka sampel parfum yang mereka berikan itu, tapi aku memang gak punya kegiatan lain kok selain membaca dan main piano. maksudku, bagaimana bisa aku main internet seharian seperti anak lainnya kalau kakakku seorang gamer dan rela gak sarapan hanya demi naganya berhasil mebakar seluruh pedesaan di komputer? ini serius aku bahkan belum menyentuh komputer selama liburan.

nah, itulah hal menyebalkan dari cowok. bahkan kalau kau adiknya sekalipun, naga-naga dan kesatria berperang akan jauh lebih penting bagi mereka. memang lalu kenapa kalau mereka memenangkan kerajaan atau apapun itu? toh mereka kan tetap tidak mendapat sepatu boots baru

kadang aku ingin kakakku hilang saja. bukan artian yang mengerikan lho, maksudku betapa menyenangkannya kalau suatu hari dia pamit mau mendaki ke gunung dan tiba-tiba jatuh cinta dengan cewek primitif di sana lalu menikah dan tidak akan pulang kembali. rumah akan damai dan aman, karena sesuai iklan KB, 2 anak lebih baik. jadi aku dan lia bisa tenang mendapat curahan kasih sayang dari papa-mama di sini tanpa dia, dan dia bisa mendapat curahan kasih sayang dari istri primitifnya di sana tanpa kami. sounds cool.

aku jadi bertanya-bertanya seperti apa kakak ipar primitifku nanti ya? mungkin dia akan memakai rok dari kulit rusa, baju dari kulit pohon pinus, kalung dari gigi harimau dan memakai anting yang panjaaaaaaaaaang sekali sampai kupingnya ndower.



yah, bukan kakak ipar yang bisa dibanggakan sih, tapi mungkin cocok untuk kakakku. kita doakan saja semoga mereka bahagia.

ohya, selamat tahun baru ya! aku tidak tahu apakah ada yang telat seminggu mengucapkannya kecuali aku, tapi pokoknya selamat tahun baru! dan yang paling penting, please everybody keep excited. karena kalian gak bakal tahu ada kejutan apa kalau kalian setiap hari penuh semangat dan berpikir positif. aku bukan ahli jiwa sih, toh aku ingin kuliah di jurusan seni bukan kedokteran, tapi kalau kalian mendengarkan lagu ini, yang sudah dibuat versi indonesianya, kalian pasti akan setuju denganku



akhir-akhir ini aku sering mimpi buruk -..- bukan akhir-akhir ini sih, tapi 2 MINGGU belakangan ini aku minggu buruk. itu artinya SELAMA LIBURAN aku mimpi buruk. seakan-akan dewa kematian membacakan berlusin-lusin buku goosebumps untukku seakan itu lagu nina bobo agar liburanku berakhir menyedihkan. dan entah kenapa mimpiku selalu di monopoli dengan monster. bahkan aku bermimpi lia menjadi monster mutan pisang raksasa.

tapi mimpi yang mengerikan tentu saja saat aku mimpi bertemu pemain saxofone. sebenarnya mimpinya agak aneh, karena aku bermimpi aku akan sedang tidur. dan saat akan tidur itulah, aku mendegar suara marching band.

mungkin kalau kalian orang jogja kalian akan mengerti. karena bahkan suara marching band itu bisa didengar saat tengah malam, atau pukul 2 subuh. kata orang-orang itu adalah arwah korban PKI30 yang ditembaki tentara indonesia saat sedang main drumband. katanya lho.

lagipula, aku tidak mengerti dengan para tentara itu. kan mereka bisa sopan sedikit menuggu sampai mereka selesai main drumband, baru ditembaki. eh ini lagi enak-enak menggebuk drum, tiba-tiba ditembaki dengan brutal.tapi gak penting untuk dibahas sih :P

kembali ke mimpi, saat aku mau tidur di damlam mimpiku tadi, aku mendengar suara marching band. seperti orang jogja lainnya aku bersikap eh-ada-hantu-drumband-tapi-njuk-ngopo-aku-kan-dah-sholat lalu hendak menutup mata sampai tiba-tiba suara drumband itu makin keras mendekat, semakin keras, semakin keras, dan tiba-tiba ada HANTU SAXOFONE MENEMBUS JENDELA KAMARKU. benar-benar mengerikan, bahkan lebih mengerikan dari tuyul.

hantu saxofone itu mirip will i am di video klip boom boom pow. DUARIUS. giginya dari kayu dan saxofonenya dari benda mengkilap. dan bukannya berteriak "aku akaaaan membunuhmuuuuu ..." hantu ini malah bilang:

"hai cewek, boleh kenalan?"

kurasa aku harus lebih sering mengaji.



ohya tanggal 18 besok mamaku ulang tahun. dan sebagai anak, aku punya kewajiban tak tertulis tentang memberi kado. tapi, serius deh, selama liburan aku tidak punya uang untuk bersenang-senang termasuk membeli kado, jadi, please, ada saran untuk membuat kado tanpa mengeluarkan biaya?



kemarin aku menemukan coklat silverqueen yang sudah basi dikulkas. untuk aku melihat tanggal kadaluarwasanya dulu, kalau tidak mungkin aku tergeletak di ugd sekarang. dan tahu tidak, saat aku mengambil coklat itu, kakakku dan adikku tersenyum.

aku mencium adanya konspirasi.