Sabtu, 28 Agustus 2010

perombakan

selamat malam.

seharusnya aku ada di restoran sekarang, buka bersama teman sekelas, buka bersama terakhir kami. namanya juga anak paling senior di sekolah, apa-apa dianggap seperti tidak akan bertemu lagi. seharusnya aku sedang minum milkshake coklat sekarang, atau mengoleskan sambal banyak-banyak ke pipi teman sebelah, atau menuangkan saus tomat ke piring, membentuk kata "enak deh steaknya, makasih mas!" lalu dikatai pembuang makanan oleh aulia, lalu menceritakan cerita konyol tentang makanan yang menangis jika dibuang, dan beberapa keasikan lainnya.

tapi aku tidak disana. aku disini, di depan komputer,mendengarkan anak tetangga latihan takbiran sambil melakukan perombakan.

bukan hanya perombakan blogku ini lho ya. walaupun memang aku sudah bosan dengan warna hijau lumut. kesannya seperti orang pemalas yang hanya berdiam diri karena sudah merasa nyaman dan tidak ingin lebih, sampai-sampai bokongnya berlumut. dan aku tidak ingin menjadi seperti itu.

kenapa kulit zebra? karena ternyata loreng pada zebra seperti sidik jari manusia, setiap zebra lorengnya berbeda. walaupun semuanya bergambar garis hitam melengkung, tapi percaya deh, pasti berbeda, walaupun hanya di lengkungan garis dekat ketiak atau lutut. yang aku mau bilang, rasanya gak adil sekali kalau kita hanya menilai orang dari sudut pandang kita. semua orang itu beda. aku merasa jijik saat mengingat bahwa aku dulu sering mengganggap bahwa si A itu payah karena tidak suka membaca, padahal dia bisa menggambar kucing atau pohon-pohon berdahan banyak mirip aslinya. aku mengganggap si D kuno sekali karena tidak tahu rok model apa yang sedang nge-tren saat ini, tapi aku hanya bisa melongo saat dia mengerjakan matematika tanpa kesulitan dan tanpa bertanya teman.

duh, malunya.

rasanya seperti semua mata memandang padaku, dan kedua ujung mulut mereka tertarik ke samping, mengeluarkan desisan menghina



sok amat sih kamu!

tapi tidak, mereka tetap baik padaku. mereka tetap mengangguk sambil tersenyum jika aku ingin meminjam penghapus, dan mereka tidak marah jika penghapusnya kukembalikan dengan cara yang kurang sopan. dan itu membuatku tambah malu.

dan sebenarnya banyak lagi kekuranganku, yang jika kutuliskan, akan menjadi beratus-ratus kata. tapi tujuan kalian membaca blogku kan bukan untuk membaca sampah, jadi tidak kutuliskan.

kurasa ramadhan ini momen yang tepat untuk merombak diri. sifat mana dari diri kita yang mengelikan, sifat mana yang ingin kita jadikan kebiasaan, hal asik apa yang ingin kita lakukan.

karena semua orang tidak ingin diam di suatu tempat terus menerus sampai bokongnya berlumut.

ohya, mungkin kalian akan bertanya, kenapa nama blogku merusak selera makan?

guru matematikaku pernah bercerita (beliau guru matematika, tapi menurutku tidak masalah juga kalau beliau jadi guru konseling)pernah bercerita bahwa jika kita jatuh cinta, tahi bisa berasa coklat, dan bila patah hati coklat jadi seperti tahi. (walaupun pernah saat patah hati aku makan gule, dan rasanya tetap seperti gule kok)

tapi menurutku hidup juga begitu. jika kita sedang sedih, semuanya jadi terasa buram, tapi jika kita melengkungkan bibir kita ke atas, rasanya semua benda ikut gembira bersama kita. kalau begitu kenapa tidak merubah semua hal jadi terlihat menyenangkan hingga kita terus gembira?

selamat merombak!

Kamis, 12 Agustus 2010

hiding behind mask

aku suka nulis diari, sejak kelas 6 sd. tau lah, anak sd kan kalau disuruh jaga rahasia malah semangat untuk ngebocorinnya, jadi suatu hari, aku menyobek buku ipaku menjadi sebuah diari.

aku gak suka kata 'diari', nulisnya aja bikin malu. oke-oke aja kalau isi diarimu itu tentang kemelut perang dunia 2 seperti milik anne frank, tapi kalau isinya tentang betapa menyebalkannya masmu atau kenek bis serem tadi tidak memberimu kembalian, kayaknya enggak deh. aku tidak menamainya kitty dan menganggapnya sahabat setia seperti yang anne lakukan. aku malah menyuapinya 'sampah' setiap malam, tanpa menyapanya dengan embel-embel 'dear'. aku bercerita semuanya padanya. semuanya itu berarti semua yang aku pikirkan seharian. siapa orang yang aku sirikin setengah mati, hal-hal memalukan yang aku lakukan, dan lainnya. pokoknya hal-hal yang kalau sampai orang lain tahu, entah mau ditaruh dimana mukaku ini.

tapi rasanya legaaaaaa sekali setelah bercerita. rasanya seperti ada beban dihatimu, dan dia bersedia untuk membantu membawakannya. aku jadi bersikap objektif terhadap diriku sendiri karena sekarang aku berada di posisi 'pembaca' dan aku jadi tahu 'shifa' itu seperti apa.

dan ternyata aku itu memakai topeng.

bukan topeng seperti kalau kita berpesta hallowen lho. tapi topeng sifat kita yang sebenarnya dengan sifat yang kita perlihatkan kepada orang lain.

orang bisa mikir aku orangnya begini, padahal sebenarnya aku begitu. mereka melihat aku sebagai orang yang A, padahal aslinya aku itu orang yang B.



aku bertaruh kamu pasti juga begitu :) bukannya gak mungkin tapi memang susah untuk jadi orang yang gak munafik. aku bahkan pernah melihat seseorang yang berkoar-koar bahwa si artis A dan LM pantasnya dirajam, tapi saat suatu hari tak sengaja kuutak-atik hpnya, eh ternyata dia punya videonya. dalam versi yang durasinya paling lama pula.

aku sedang berusaha melepasnya. susah. rasanya image yang kita buat sudah menempel dengan baik di kepala orang-orang. dan ketika aku sedang memperkenalkan diriku yang sesungguhnya, mereka tak peduli. mereka punya dunia mereka sendiri, aku punya duniaku sendiri. jujur, aku gak suka kehidupan remaja sekarang, terlalu membuang waktu. dan aku paling tidak suka saat upacara. kenapa? karena mereka menganggap upacara adalah waktu untuk berdiskusi gebetan terbaru mereka, dan bukannya menghormati pahlawan kita. saat aku menyuruh mereka untuk tenang, mereka hanya tersenyum simpul lalu bercengkrama kembali. duh.

mereka bilang aku terlalu serius. maka aku akan bilang kalian terlalu santai. aku juga masih labil, sama seperti kalian, aku juga mengganggap tamaki di ouran high school itu gantengnya ampun-ampunan. tapi aku cuma ingin mencoba merubah dunia yang rasanya semakin ngeri saja. apalagi negara kita. kalau kalian suka membaca koran, kalian pasti mengerti maksudku.

tapi aku cuma sendiri. apa yang bisa dilakukan anak berkacamata sepertiku? aku mungkin termasuk golongan geek, tapi tau tidak, aku gak peduli. sepanjang aku bisa membaca banyak buku, agar aku tahu apa yang bisa aku lakukan untuk setidaknya membuat sedikit perubahan, it's fine.

aku memang agak lemah dalam hal bersosialisasi. berkenalan dengan orang lain? duh, mimpi buruk. aku harus menciptakan daftar obrolan yang menarik agar lawan bicaraku tidak bosan. tapi, aku akan berusaha.

mari bersama-sama kita bangga dengan bangsa kita sendiri, membelanya sampai titik darah terakhir seperti yang ada di pelajaran pkn.

maka nun jauh di atas sana, para pahlawan kita sedang tersenyum.

Senin, 19 Juli 2010

time. tijd. wakati. zeit. temps.

tidak, aku tidak sedang belajar bahasa asing.

aku hanya mau cerita, tadi akhirnya aku sekolah.

yap, setelah dua minggu penantian yang menjengkelkan, akhirnya aku terduduk lagi di kelas.

pertama, aku datang pukul 7 lebih 10. dan coba tebak, pagar sekolah masih terbuka lebar untukku. seakan bilang " terserah deh masuk jam berapa, yang penting nilai kamu bagus" sekolahku memang sekolah favorit di jogja, dan tahun ini hasil un kami tidak mengecewakan. kami suka berhitung, tapi amat susah untuk bangun pagi.

di jam ke 3 dan ke 4, ada salah satu pelajaran yang masuk daftar hitamku: biologi. memang asik sih mengetahui cara kerja jantung atau bagian-bagian daun, tapi akan berubah memuakkan kalau kamu harus menghapalkan satu buku paketmu untuk ulangan 120 menit. hebatnya lagi, soalnya kebanyakan tidak ada di buku.

lalu guru biologiku datang dan rupanya tidak sesuai yang orang bilang. beliau tidak galak, menyenangkan malah. beliau menerapkan cara belajar ala sokrates, guru orang yang membuat sekolah pertama kali: plato. beliau menyebutkan satu pertanyaan, lalu kita menjawab, kita mengupasnya sampai kecil dan terus bertanya sampai pertanyaan itu tidak bisa dijawab lagi,maka itulah jawabannya.

yang paling membuatku terpana adalah, beliau telah mengajar selama 35 tahun.

aku baru tahu ada orang yang mengajarkan ekresi selama 35 tahun tanpa rasa bosan.

contoh kedua, teman satu bangkuku, teman satu seleraku, yang akan tertawa pada leluconku meskipun itu garing sekali : fia. sebelum pelajaran dimulai kami suka menggambar-gambar, mengggambar apa saja. karena dikeluargaku tidak ada darah seni, itulah mengapa gambar pohon beringinku lebih mirip botol susu. aku selalu menggambar sesuatu yang dramatis, kadang meniru gaya menggambar salvador dali, tapi selalu berakhir berantakan.

fia membantu mendesain baju temanku yang akan dijual. dia mengidekan sesuatu yang menurutku sangat wow. aku berlangganan majalah fashion, jadi aku tahu betul rancangan miliknya sangat menjual. keren, inovatif, sekaligus unik. aku menjerit-jerit heran dan memaksanya untuk belajar fashion dari sekarang, atau membuat clothing line miliknya sendiri. dan kalian tahu dia menjawab apa?

"ahh apa sih shif cuma kayak gitu, haha gak mungkin lah, inikan cuma untuk seneng-seneng aja"

nah apa hubungan kedua cerita ini dengan judul postku sekarang?

hidup ini cuma sekali.

sekali itu benar-benar sekali, kamu tidak bisa meminta tuhan untuk hidup kembali. sekalipun kamu tertib shalat atau rajin ke gereja.

masalahnya, banyak orang tidak mengetahui arti sekali itu. aku suka berjalan-jalan, melihat orang beraktivitas merupakan suatu kesenangan bagiku. namun aku mendapati begitu banyak orang yang menyia-nyiakan hidupnya. merokok, tidak sekolah, menganggur, merampok, dan yang paling mengerikan: bunuh diri. percaya deh, saat kamu akan meninggal, satu hal yang kamu inginkan cuma hidup beberapa waktu lagi. kenapa kamu dengan entengnya memotong urat nadimu seakan itu daging bakso?

bukankah menyenangkan bekerja keras menciptakan sesuatu, lalu meraih prestasi gemilang? siklus kehidupan manusia itu selalu sama dan sangat membosankan. kamu lahir, kamu dewasa, kamu pergi. dan saat orang-orang yang mengenalmu menyusulmu pergi, maka namamu akan hilang terbawa angin.

mungkin terdengar egois, tapi bukankah sangat menyenangkan menjadi orang sukses, orang berjasa yang namanya selalu diingat dalam benak manusia? bayangkan betapa asiknya saat namamu tercantum dalam buku pengetahuan, dan orang orang masa depan menjadikanmu role model mereka.

karena tahu tidak, sifat alami manusia itu exist, ada, kita ingin orang tahu kita ada.

aku pernah membaca disuatu buku, bahwa orang indonesia itu layaknya seekor singa bermental domba. kita singa perkasa yang terlalu lama terlarut dalam lingkungan domba yang adem ayem tapi monoton, dan tidak tersadar bahwa kita ini singa. kita menganggap diri kita sendiri ini domba, bukan sang penguasa alam yang gagah perkasa.





coba bayangkan ke35 tahun guruku mengabdi, ia membangun sebuah lembaga bimbel dengan cara mengajar yang menyenangkan, atau fia yang mewujudkan ide cemerlangnya dalam bentuk baju.

dan bayangkan ke 231 juta rakyat indonesia, yang mengembangkan potensinya, tanpa kenal lelah.

bukan tidak mungkin, kelak indonesia menjadi negara paling berpengaruh di dunia.

di bukunya sean covey, ia bilang bahwa jika manusia hidup selama 70 tahun, 7 tahun masa remajanyalah yang menentukan 63 tahun lainnya.

jadi, kenapa sekarang kamu masih bersantai-santai begitu? hidup itu cuma sekali lho, dan yang membuat hidup kita berwarna atau hitam putih adalah diri kita sendiri.

dan ini salah satu petikan favoritku " carpe diem. nikmatilah hari ini anak-anak jadikanlah hidup kalian luar biasa!"

semangat!

Senin, 05 Juli 2010

buka cangkang

kemarin senin tanggal 21 lhoooo.

ya umur saya naik kelas :) aku udah 14 tahun sekarang. ha-ha lihat dunia, remaja baru yang hebat telah lahir.

remaja dimulai umur 14 tahun kan? iya, di buku biologi ada kok. bener-bener asik, saat aku pertama kali membuka mataku hari senin kemarin, yang pertama terlintas dikepalaku adalah: apa yang anak remaja pertama lakukan di pagi buta?

bukan, bukan mandi, hal itu ada diurutan terakhir.

aku mencoba mengingat semua isi majalahku, termasuk iklan-iklannya. siapa tahu ada petunjuk tersembunyi didalamnya kan? majalah sudah seperti kitab bagi remaja. semua bisa kau dapatkan di benda persegi itu, bahkan tips mencabut bulu kaki. aku sering geli sendiri jika melihat kakak kelasku ribut menunjuk-nunjuk foto lee min ho dimajalah. ya ampun apa istimewanya sih dia? si rambut keriting itu kan tidak menghapus sistem apartheid seperti yang nelson mandela lakukan, atau menemukan benua amerika.

kenapa orang selalu melihat dari kulitnya? jika ia berkulit cerah kau kagumi dan kau puja, jika ia berkulit gelap, kau menaikkan dagumu.

ohh ya fokus.

kalau dipikir-pikir remaja kan selalu identik dengan cinta ya. aduh aku selalu benci kata ini, mendengar farel mengucapkan kata itu ke fitri di televisi saja membuatku bergidik. jadi aku mulai menyambar ponselku dan menghubungi semua teman cowok yg kukenal. nihil, aku tidak punya teman cowok.

astaga aku baru sadar aku benar-benar tidak punya :|

nah, sebenarnya itu juga salahku sih, aku tidak pernah ngobrol dengan cowok kecuali tentang jawaban PR. maksudku apa sih asiknya cowok? mereka bau, omongannya selalu nyablak, sok berani, sok tahu, dan pertamakali memandangmu lewat fisik. dan jangan lupakan kosa-kata mereka yang sangat lengkap tentang pisuhan. kurasa mereka punya kamus pisuhan paling lengkap, dari pisuhan ringan sampai pisuhan yang membuat kepalamu mendidih saking kasarnya.

satu-satunya cowok yg dekat denganku ya masku. tapi dia punya semua ciri-ciri diatas, jadi aku agak menjauhinya. setiap dia kekanan, aku kekiri, setiap dia kekiri, aku kekanan. jika dia mengikutiku, aku lari menjauh. bukan apa-apa tapi bau kakinya itu lhooooo. aku pernah mencoba meyemprot kakinya dengan parfum chanel mamaku, agar kakinya wangi dan berkelas. tapi bukannya berterimakasih dia malah mendengus seperti babi. ya sudah.

aku lebih memilih menengelamkan diriku dalam setumpuk buku daripada ngobrol dengan cowok. tapi itu gak baik ya kan? jelas lama-lama aku bosan walaupun misteri N or M nya agatha christie sedang seru-serunya.

nah, kurasa ini yang dimaksud keluar-dari-cangkang. aku harus keluar dari cangkangku yang sangat nyaman dan penuh buku, menghadapi kehidupan liar di luar cangkang yang tak terduga, mencekam, tapi juga mengasikkan.

masalahnya cangkangku ini sangatlah berat, membukannya perlu kemauan yang kuat, karena kalau tidak, aku akan terjepit di tengah-tengah.



bantu aku ya :D

ohya dapat award lagi dari hart, terimakasih :)



award ini aku terusin ke kamu semua :)

raporku? 1 kata: mencengangkan. padahal aku sudah belajar sampai jumpalitan, kenapa hasilnya masih belum maksimal? -..- aku berkilah pada mamaku, aku bilang, ma, ini hasil aku ngerjain jujur lho, yang lainnya kan nyontek.

mengapa orang sukanya nyontek? beneran deh aku tidak tahu apa manfaatnya dari hobi favorit anak jaman sekarang itu. oke, nilaimu jadi bagus. lalu? apakah kamu puas? apakah kamu mendapat ilmu dari pelajaran itu? inti dari belajar itu agar kamu mengerti, bukan agar kamu dapat nilai 10 lalu diberi handphone oleh orangtuamu.



semoga liburanmu mengasikkan ya!

Jumat, 14 Mei 2010

thank god i'm alive today :)

beberapa hari yang lalu aku sakit.

oke, bukan berita besar, aku kan bukan mentri.

aku cuma mau bilang, sakit itu menyebalkan. rasanya seperti dikhianati tubuh kita sendiri. badanku panasssss sekali seperti ceret hingga mengambil sayur di mangkok pun aku tak sanggup. saking panasnya aku pernah melihat asap keluar dari tubuhku. oke agak berlebihan, tapi semacam itulah jika kau sakit. kau melebih-lebihkan cerita agar orang mengiba kepadamu dan memberimu uang.

walaupun sakit, menuku tidak berubah: nasi, sayur manis, dan tempe. tapi dasar lidah orang sakit, selagi makan, aku mencela makananku seheboh yang kubisa. meskipun setelah itu mamaku mengancam tidak akan memberi uang jajan, aku tetap bersikukuh menghina rasa makanan itu dalam dua kata: GAK ENAK.

masalah makanan selesai, muncul masalah kedua: habis ini ngapain ya?

aku jenis orang yang tidak bisa diam. jika aku duduk diam, tanganku pasti menyambar majalah atau kakiku akan membuat irama menyebalkan di lantai. tuk-tuk-tuk. aku tidak suka tidak bergerak. tapi sakit itu berarti rasa malas akan menjajahmu sementara. dan aku benci saat-saat itu. diam di kasur seperti patung sambil mengeluhkan mataku yang sakit. sempat kupaksa untuk bermain manekin-manekinan, tapi akhirnya semuanya jadi kacau. baju-bajuku bertebaran, kamarku berantakan, dan aku jadi tambah sedih setelah aku sadar bahwa penyiar radio favoritku ternyata sudah pergi :(

karena tidak tahu mau ngapain lagi, aku pun bermain seberapa-berantakankahnya-rambutmu sambil nonton ibu sri mulyani di televisi. mula-mula, aku hanya mengacak depan rambutku, lalu kebelakang, ke samping kanan dekat telinga, dan akhirnya aku mengacak rambutku sekuat tenaga seakan rambutku adalah adonan kue beracun. tapi aku malah jadi capek dan tubuhku jadi tambah panas:(

jadi akhirnya seharian aku mendekam di kasurku, mencoba untuk tidur

apa sih yang lebih menyebalkan dari sakit?



nah, gak ada jeleknya kan, untuk mensyukuri kesehatanmu? karena aku hanya secuil dari miliaran orang di dunia yang ingin selalu hidup sehat :)

karena aku manusia, adaaaaaa saja yang tidak sesuai dngan keinginanku. kelasku kurang lebar, kursinya tidak empuk, bisnya bau asap rokok, hujannya bikin badan lengket, keyboardku hanya 5 oktaf, sepatuku hanya 3 pasang, sepatu hitamku tidak bermerek, provider A terlalu mahal, provider B terlalu lemot dan segala hal-hal kurang sempurna di hidupku. banyak banget deh sampai rasanya kalau kubuat buku akan berjilid-jilid jumlahnya. sindrom ini ternyata tidak hanya menyerangku saja. teman-temanku banyak yang terjangkit juga. banyak yang bilang betapa cerahnya kulitku. huh, rasanya rela deh menukar kulit ini dengan kemampuan trendy main catur, atau bulu mata super lentiknya fia, atau rambut halus tebalnya titi. dan aku sudah lama menyimpan iri dengan okta, juara bertahan rangking satu dikelasku. padahal kegiatan utamanya dia hanya satu: membaca komik. dari komik standar seperti doraemon, sampai serial cantik topeng kaca sudah habis dia lahap. hmm aku jadi curiga, jangan-jangan dia punya eidetic memory. :O

tuhhh kan, aku jadi bertambah iri :(

sampai suatu hari aku melihat tayangan mario teguh golden ways. dia bilang kebahagiaan itu ada jika kita melihat kedalam bukan keluar. yang artinya kita akan bahagia jika kita bersyukur.

simpel kan?

jika masih susah, bandingkan saja keberuntunganmu dengan anak-anak di afrika yang seumur-umur keinginan saat ulang tahun selalu sama: air, dengan anak-anak kolong jembatan yang selalu penasaran dengan isi buku pelajaranmu, dengan orang-orang yang hidup untuk makan bukan makan untuk hidup , dengan para saudara di pelosok sana yang mungkin tidak tahu apa itu twitter, dengan orang-orang di eropa yang jarang melihat betapa indahnya langit biru di langit indonesia dan sekali lagi, dengan para orang sakit yang selalu berharap bisa merasakan secuil kesehatanmu.



lihat, tuhan itu sangat baik pada kita :)

ahh ya, akhir-akhir ini aku suka menonton maksim mrvica. tau kan, orang yang jarinya bisa bergerak secepat kilat. bahkan jika jari-jarinya dan kilat lomba lari, semua juga tau siapa yang akan menang.



tidak ada video :P karena entah koneksinya yang tidak suka denganku atau bagaimana, menguploadnya lamaaaaaaaaa sekali. saat aku sambi baca koran untuk yang kedua kalinya pun, bloggernya seakan meledekku: sedang mengunggah. jadinya aku hanya bisa memberi url. disini dia bermain hungarian rhapsodynya liszt, disini dia bermain nocture in D-flat Op.27 No.2 nya chopin, dan ini favoritku, dia bermain Revolutionary Etude in C Minor nya chopin dengan gebukan timpani yang aduhai, hingga terdengar agak sedikit ngerap :P

semoga harimu menyenangkan! :D

Kamis, 01 April 2010

#its2010whyistill

tau jetlag gak?

Jet lag merupakan rasa tidak nyaman pada waktu melakukan perjalanan udara yang lama dan dirasakan sebagai suatu kelelahan yang sangat, disorientasi, konsentrasi menurun, sukar tidur (insomnia) dan kegelisahan. Gejala lain yang mungkin timbul antara lain tidak nafsu makan, kelemahan, sakit kepala, pusing, dan pandangan kabur. Gangguan ini merupakan gambaran dari penerbangan jarak jauh yang melewati zona waktu, menyebabkan ritme aktifitas sehari-hari menjadi kacau (Oldmeadow, 1991).

bahasa gampangnya sih: penderitaan-setelah-naik-pesawat-terbang-yang-selalu-memberi-yogurt-strawberry-tiap-jam-6-dan-bertivi

beneran deh perbedaan 4 jam jogja-jeddah itu gak ngenakin. aku jadi selalu tidur jam 2 pagi karena di sana jam 10 malam teng-waktu normalku tidur. itu artinya 4 jam di malam hari tanpa tahu mau melakukan apa. beberapa saat nonton tivi, tapi males banget liat mbak-mbak berpakaian supermini mendesah-desah seperti sapi padahal cuma mau ngumumin pemenang undian. pindah ke chanel lain, eehhh, lg ada film tentang pemasungan. buset, kayaknya acara tivi makin malam makin meriah ya.

akhirnya mondar-mandir gak jelas di kamar. nyalain radio, adanya acara wayang. bagus sih ceritanya, tentang drama ramayana, tapi akhirannya si shinta nyinden merduuuuu banget, saking merdunya malah jadi kayak kuntilanak. udah mana pohon di samping rumah kresek-kresek lagi hiiiiiiiiiih

kabur deh ke lemari buku. baca-baca majalah isinya monoton semua, sampai-sampai aku hapal bahwa halaman 68 itu tentang 'cara merayu gebetan' atau 'ubah teman jadi pacar', yah tips tips semacam itu. berguna sih, kalau kamu cewek keren berambut coklat bergelombang, yang kulitnya seputih buku tulis biologi. tapi yang membaca ini aku, cewek rambur afro, kulit kuning yang cuma tertarik sama lukisan si sinting dali. jadi kutaruh ke rak pojok bawah kumpulan majalah pencuci otak itu. heran deh, kok aku bisa-bisanya langganan ya?

akhirnya aku menghabiskan 240 menitku melakukan the art of doing nothing nya trinity

gampang saja, tinggal berbaring di kasur, setel lagunya joseph haydn, dan pikirkan hal-hal yang none of your business.

terinspirasi dari #its2010whyyoustill yang menjadi trending topic twitter bulan february, aku mengganti subjeknya, dan jadilah daftar:

#its2010whyistill:

1. sirik setengah mati sama andrea hirata karena pernah sowan ke makamnya frederick chopin di paris. minggu lalu aku ke madinah, dan kupikir aku sangat beruntung, aku sowan ke makamnya muhammad saw dan masjid nabawinya yang yatuhan, dua ribu kali lebih keren dari gedung putih. sebagai muslim, ini benar-benar pengalaman yang sangat berharga. bahkan lebih berharga daripada memenangkan looklet styling contest sekaligus. yah, i'll write about it soon :D




2. menyimpan dendam kesumat dengan sophie dahl. tunangan, oke, istrinya abang jamie cullum. saat aku membaca berita mereka di internet, aku berkesimpulan pasti jamie cullum kepalanya membentur piano. jelas. bagaimana mungkin dia menikahi cewek yang lebih tua dari dia dan lebih tinggi. benar-benar tidak enak, gaya pacarannya pasti mendongak terus. pengen deh rasanya menyuruhnya membuka google earth, lalu mengarahkan kursornya ke indonesia, tepatnya di jogja, tepatnya di giwangan, tepatnya lagi di kamar atas dekat pohon mangga. dia bakalan tau ada cewek 13 tahun yang officially single . dan pastinya,lebih pendek dan lebih muda. andaikan :(



padahal sudah ada penggantinya lho. tidak usah jauh-jauh, arahkan saja telingamu ke radio. jika kamu mendengar suara penggetar hati khas mike idol, dialah shandy sondoro. si genius musik yang menjuarai festival new wave di latvia.



dan pastinya, asli indonesia.

3. sampai sekarang aku menjadi stalker pribadi seseorang. sudah gak separah dulu sih, paling hanya sesekali mengecek status fbnya. kalau dulu, wow, aku seperti a hugest fannya dia, padahal pejabat saja bukan. aku selalu membuka profil fbnya, membaca semua wallnya, mengikuti semua update twitternya seakan dia adalah harian new york times dan aku adalah seorang gubernur yang harus tahu keadaan kota. alasannya? hmm sangat termehek-mehek dan kamu pasti bisa mati ketawa kalau tahu. ohya dia bukan cowok, karena sampai sekarang aku gak tahu apa gunanya cowok kalau cuma untuk menghabiskan pulsamu.

4. suka barang branded. yaaah, seharusnya kan kita memenuhi kebutuhan tersier dulu, seperti yang ditulis di buku ekonomi kelas 8, dan baju mahal itu barang tersier buatku, bersandingan dengan cowok. kan kita tidak mungkin dikubur menggenakan stiletto prada. jadi pastikan kebutuhan orang-orang disekitarmu (baca: orang kurang mampu) terpenuhi kebutuhan pokoknya dulu, sebelum kamu melangkahkan kaki mulusmu ke dorothy perkins :)



5. hanya suka mendengarkan lagu pop. menurut pnelitian, mendengarkan lagu klasik bisa menambah kecerdasan lho. apalagi sekalian memainkan instrumennya. pasti kalian tau dong tentang cerita albert enstein kecil yang bodohnya luar biasa? rasanya seperti dongeng ya, mengingat dia termasuk ilmuwan hebat abad ini. ternyata titik balik dari enstein bodoh menjadi einstein si e=mc2 bermula dari biola yang dibelikan ibunya. saat dia disuruh menjadi buruh oleh gurunya karena tidak punya harapan lulus sekolah, ibunya malah membelikannya biola. einstein berlatih siang malam, bahkan dia menciptakan tekhnik bermain sendiri yang menabjubkan, dan voila, dia pun menjelma menjadi seperti sekarang.



masih punya alasan untuk lebih memilih mendengarkan lagu melayu? :P

itu hal-hal yang masih kulakukan dan kuharap berhenti di tahun 2010 ini. hidup ini panjang ya, dan kalau memikirkan masa depanku aku malah jadi merinding sendiri. aku sangat tidak mau jadi tukang penjaga wartel, atau tukang laundry, atau penjual tiket bioskop, pokoknya yang tidak menggunakan ilmu yang susah payah kupelajari di sekolah ini. tapi aku juga tidak mau jadi salah satu dari jutaan sarjana yang mengganggur.

well just enjoy your life, then :)

p.s. : what are you still doing in 2010? :D

Rabu, 24 Februari 2010

"oh ini, ini baju model sangkar burung"

akhir-akhir ini aku selalu heran, apa sih bedanya kita orang biasa dengan artis?

pertanyaan bodoh memang, karena dihitung dengan jari kaki dan tangan pun alasannya masih bejubel. seperti orang kaya yang belanja di supermarket, yang struknya sampai bergulung-gulung di tanah saking banyaknya, mungkin mereka punya banyak kenikmatan yang orang biasa seperti kita gak punya. sebut saja deh: mereka bisa bebas petenteng di kios nina ricci atau house of holland, membeli beberapa tube dress baru untuk makan malam di pinggir pantai, sedangkan kita masih memakai tas jaman sd, yang bergambar monokurobo atau mungkin upin dan ipin. mereka biasa pergi liburan ke paris, memakai bikini belang-belang di pantai cannes sambil berburu bule pirang yang aduhai. sedangkan kita di waktu yang sama mungkin sedang duduk di pinggiran waduk sermo, makan bekal tempe dan memancing ikan. intinya: mereka sangat barat dan kita sangat tenggara.

tenggara, ya, karena kita orang timur, tapi mati-matian menjadi orang barat. banyak deh contohnya, kayak mungkin ada yang hapal roman romeo dan juliet luar kepala tapi mengira serat centhini itu salah satu jenis pasar malam.

ahh tapi tiba-tiba saja aku ingin menjadi reporter, bertanya ke seluruh artis di dunia dengan satu pertanyaan simpel: kamu rajin sholat gak?

nah jadi bagi kamu yang rajin sholat, selamat deh, karena sebenarnya kamu dua kali lipat lebih oke daripada artis yang jarang sholat.

serius, sholat itu penting, sehebat apapun rapat yang kamu ikuti nanti saat dzuhur, walaupun rapat itu menyangkut biaya makan ketiga anakmu, sholat itu penting.

nah, beberapa minggu lalu, ada artis yang datang ke sekolahku. oke ini mulai norak, tapi yang datang ini artis lho, a-r-t-i-s, bukan petugas penyuluhan kesehatan gigi atau siapa. agak-agak aneh aja lihat artis dengan 2 mata minusku sendiri, karena tempat mereka kan di internet atau majalah atau tivi bukan di sekolahku yang anak-anaknya njowi. dan artis cantik itu rachel amanda, cewek yang umurnya sebaya denganku, tapi tidak dengan nasib.




tapi setidaknya tingginya hampir sama denganku. tuhan memang adil.

kita diberitahu tentang origami girl. jadi kamu melipat kertas menjadi origami lalu sebarkan ke cewek-cewek di sekeliling kamu yang berisi fakta-fakta tentang cewek. kelihatannya asik ya, lebih asik lagi kalau yang disebar itu uang.

tapi sepertinya aneh aja, kalau misalnya kamu lagi naik bis kota malam-malam lalu tiba-tiba ada anak abg yang memberimu origami. saat kamu buka, isinya begini:



tau gak, membaca majalah fashion itu sebuah permainan untukku. kenapa? karena asik rasanya melihat baju-baju berlabel itu, lalu membandingkannya dengan isi dompet kita. atau melihat para modelnya yang seperti papan setrika dan mungkin tidak pernah makan nasi, dengan masakan ibu kita yang lezat setiap hari. ahh atau mungkin menempelkan tangan kita ke kulit si model, membandingkan perbedaan kulit asli indonesia dengan blaster. putih memang bagus tapi siapa juga sih yang bilang hitam itu jelek?



pasti asik rasanya kalau kita masih hidup di abad 18. yang bajunya semua satu tema: gembung di bawah seperti sangkar burung. asik sepertinya. sama asiknya memikirkan cara mereka buang air dalam waktu singkat, dengan baju mereka yang seperti tudung makanan begitu.






(sumber gambar: laracorsets )



ahh ya dapat award dari sesama rambut keriting :P aw aw aw terimakasih :)



hidup keriting!

Minggu, 07 Februari 2010

streets, a place where you live

halo, lagi makan biskuat nih, sambil nonton kartun avatar, berasa jadi dalai lama.
pasti asik deh ya jadi pemimpin gitu. dari dulu aku selalu pengen jadi pemimpin, entah itu ketua kelompok kimia atau panitia tujuh belasan. remeh memang, tapi dimataku pemimpin itu punya sesuatu yg lain,kayak punya bodyguard yang nempel di sisi kanan-kirimu sepanjang hari, naik mobil yang panjangnya menyamai bus kota, makan steak tenderloin dobel tiap malam, punya satu kalimat ajaib: eh-gue-pengen-itu-deh lalu voila! asistenmu akan sekuat tenaga mengabulkan permintaanmu.

tapi dari dulu aku pasti cuma dapat satu jabatan agung: anggota. orang yang mengikuti ketuanya kemanapun dia pergi dan bertepuk tangan riuh jika ketua mereka menemukan suatu ide jenius. jadi daripada kalian mendengar hal-hal menyedihkan selama aku menjabat sebagai anggota di kelompok bahasa inggris - seperti disuruh bolak-balik fotokopi- lebih baik kita membicarakan satu kata yang lebih asik saja. seperti jalanan misalnya.

kemarin aku mendapat sms berisi pertanyaan standar anak sd: apa hobimu? hobi kan berarti sesuatu yang senang kamu lakukan. dan aku senang berjalan, memainkan tangga nada B di piano, makan brownies amanda dan menyembunyikan krayon lia. tapi aku berpikir jangan-jangan orang ini agen pencari bakat, yang mengirim pesan ke semua anak di penjuru dunia. taruhan deh, pasti dia sudah muak dengan kata, membaca, berenang, bermain biola, menyanyi, menulis dan tetek bengek hobi pasaran lainnya. jadi, agar orang itu tidak mati kebosananan karena membaca kata bermain tenis, aku pun menjawab: hobi saya belajar.

padahal aku punya hobi baru belakangan ini. aku suka memperhatikan orang di jalanan. dan aku menemukan hal-hal menarik di sana. coba tebak? aku pernah melihat serombongan pelayat yg malah memakai baju-baju cerah, ibu-ibu berpakaian sangat minim sedang menggendong bayinya sambil merokok, bapak-bapak tukang angkut sampah yang berhandphone BB dan nenek-nenek tua yang memakai stocking bergambar elmo. wow, isn't that amazing?

jalanan, tempat dimana kamu tinggal. dulu aku selalu tidak peduli dengan jalanan. bodo amat deh mau ada apa, yang penting aku sudah ganti status di twitter atau bab 45 sudah selesai kubaca. aku selalu autis dengan HP atau buku cerita. tidak pernah terbayang olehku ada ungkapan duniamu universitasmu. belajar tidak hanya dengan segala buku membosankan seperti geografi 8A tapi bisa juga dengan memperhatikan sekitarmu.

seperti kebanyakan orang indonesia lainnya, aku menganggap dunia barat seperti atlantis. surga dunia. tempat semua hal menjadi mungkin. aku sering bertanya-tanya bagaimana mereka bisa semaju itu? mereka juga manusia sama seperti kita, mereka juga punya hidung satu dan bukannya tiga, sama seperti kita. intinya : kita sama. tapi apa yang membuat kehidupan kita bisa sangat jauh berbeda?

setelah aku mengamati, membaca buku kesana kemari,ternyata orang barat sangat menghargai semua hal kecil di sekitar mereka. mereka sangat menghargai sampah, sehingga negara mereka seperti dipel ratusan orang tiap menit, hak-hak wanita sangat dijunjung, sehingga tak heran banyak pemimpin wanita disana. dan lagi, mereka menghargai jalanan sebagai tempat berekspresi, dan bukannya tempat membuang air seni.

sebut saja deh: harajuku style, seunik-uniknya gaya tumplek blek disini.





lagu hip-hop, break dance,

si oke david blaine the magician



the furry red elmo,

dan pasti, Julian Beever The Greatest street painter ever.













so, ready for pay more attention to the street? :D

Minggu, 31 Januari 2010

euforia cinta fitri dan kisah sedih si setengah-setengah

semua orang pernah merasa stress kan? aku juga pernah

aku ini jenis orang yang selalu setengah-setengah atau berlebihan. menyedihkan memang. aku suka menulis, aku punya segudang ide yang menggila jika tidak segera kutulis. lalu ditengah-tengah aku selalu mengalami writer block. dan lucunya, aku selalu mengalami ini di hampir semua karanganku sehingga lemariku sekarang penuh cerita-cerita tak berujung. aku suka menulis dari kelas 6 sd, sejak membaca kumpulan kisah nabi di perpustakaan. menurutku para nabi itu tidak ada duanya. nabi musa bisa membelah laut, ya tuhan, rekor membelahku cuma buah apel untuk bekal makan siang. nabi isa bisa menghidupkan orang mati, hal paling keren yang pernah kubaca. aku tau siapa yang akan kubangkitkan jika aku nabi isa. aku akan membangkitkan isaac newton untuk jadi guru les matematikaku, dan michael jackson untuk jadi radioku sepanjang hari. dan mungkin adolf hitler. dia akan jadi buku paket sejarahku tentang perang dunia, jadi aku pasti akan menjadi siswa gemilang saat ujian sejarah rabu depan.

saat aku kelas sd dulu, aku suka menulis cerita tentang kehidupan orang barat. aneh memang, mengingat aku tinggal di asia tenggara. tapi begitukan manusia, selalu menganggap rumput tetangga lebih hijau. jadi aku mulai menulis tentang claire si mata biru, anak seorang pengusaha hotel yang sukses, hobi berbelanja di fifth avenue dan punya segudang sepatu boots. karena claire sombong, peri gigi sebal melihatnya dan pada suatu malam, saat natal, peri gigi mencabut satu gigi claire, tepat di depan, sehingga claire tidak ada bedanya dengan dakocan. dan sampai disitulah ceritaku. aku bingung dengan nasib claire selanjutnya. apakah claire akan malu sekali hingga menghabiskan seluruh hidupnya di ruang bawah tanah, atau claire akan menjadi wanita ompong pertama yang menyuarakan wanita pun bisa cantik walau tetap ompong, dan menjadi cover teen vogue.

sejujurnya aku tidak tega menulis penderitaan claire karena giginya tanggal, jadi aku menyimpan cerita itu rapat-rapat, di bagian bawah lemariku.



nah, anehnya, aku kalau ambisisus kelewat ambisius.

saat awal tahun baru aku benar-benar ingin menjadi pianis handal seperti nodame, maksudku ingin itu benar-benar ingin. seperti masku bermain game online, aku latihan selama mungkin. karena aku baru mulai beberapa bulan yang lalu, berarti aku harus bekerja dua, tidak tidak, tiga kali lebih keras dari orang lain. aku bangun jam 3 pagi sampai jam 5 untuk latihan, karena seharian aku sibuk sekolah dan les. dan malamnya pun aku masih latihan. semua buku teori aku lahap habis, dan permainan pianis handal seperti lang lang, richard clayderman, atau hee ah lee, cewek keren yang berterkebelakangan mental dan hanya mempunyai empat jari , yang bisa bermain fantasie impromptu semudah membalik telapak tangan- aku tonton permainannya sampai juling.



dan kamu tahu, aku stress sekali. dimalamnya aku harus mengerjakan tugas dan latihan piano sekaligus, jadi kadang aku hanya tidur beberapa jam. sampai akhirnya teriakan farel mencari fitri menyelamatkanku.

aku tidak pernah menonton sinetron di tv, karena koran-koran itu bilang sinetron merusak moral bangsa. karena aku jenis orang yang gampang terpengaruh dan tidak ingin moralku dirusak, aku menjauhi sinetron seperti aku menjauhi ular. dan sinetron cinta fitri membuatku rileks sedikit. dan agak tertawa mungkin. bagaimana bisa orang bangun tidur bisa sudah make up an dan rambutnya tertata rapi begitu. setahuku orang bangun tidur rambutnya berantakan, pakai baju longgar dan bukannya kaus bermerek. walaupun ceritanya agak lumayan aku masih tidak habis pikir deh dengan neneknya. kenapa sih dia sebegitu bencinya dengan fitri? seharusnya dia ikut kegiatan sosial, membantu anak-anak miskin atau membeli beberapa baju untuk cucunya, hidupnya mungkin akan lebih bermanfaat.

dan sejak saat itu aku mulai melihat wajah fitri dimana-mana. aku suka wajah shireen sungkar, unik dan manis. gampang mengenali wajahnya di antara lusinan cewek berbedak, karena dia bangga dengan dirinya, dan bukannya berubah menjadi barat. dan anehnya, aku melihat wajah yang miriiiiiiiiiiiiiiiiiiip sekali dengan shireen, dua kali, di perpustakaan kota dan indomaret. aku bertanya-tanya apa yang shireen lakukan di jogja, menggenakan seragam indomaret dan menjadi petugas perpus kota? mungkin dia ingin berbaur dengan kehidupan orang biasa sebentar, lalu pulang ke jakarta untuk berbelanja. mungkin saja lho.



ohya, kalian tahu imogen heap? singer indie keren asal inggris, pemilik lagu-lagu spooky yang gak bakal bosen didengerin berkali-kali,cewek yang gaya fashionnya gak kalah amaze sama lady gaga ini bakalan konser di jakarta tanggal 31 maret besok. aku gak tau tempatnya dimana sih, kalau gak salah di ballroom hotel ritz charlton, tapi yang aku tau, aku bakal nabung dari sekarang, karena tiketnya cuma sekitar 300-400 ribu.

300-400 ribu untuk menonton imogen heap nyanyi goodnight and go? orang bodoh macam apa sih yang akan nolak?



semoga kita bisa ketemu disana! gampang saja kok mengenaliku, aku cewek berbaju norak yang akan berdiri tepat di depan dan berteriak histeris sampai para sekuriti menarikku keluar.

IMOGEN HEAP, WELCOME TO INDONESIA!

Sabtu, 23 Januari 2010

10 EXCUSES WHY I HATE ANDREA HIRATA

1. Om andrea ( oke, aku mulai terdengar sok akrab, tapi kan tidak mungkin aku hanya memanggil namanya saja) punya ayah paling hebat yang pernah kubaca. aku selalu tidak percaya jika mengingat fakta bahwa ayahnya selalu bersepeda sejauh 30 KM hanya untuk mengambil rapor anaknya. luar biasa, benar-benar bikin iri. ayahku tipe orangtua kebanyakan, ayah yang suka menonton bola sampai ketiduran, dan gila kerja. aku tidak tahu mengapa ayahku tidak bisa berhenti bekerja sebentar dan bersenang-senang, membelikan anak gadisnya ini baju bermerek misalnya. tapi begitulah ayahku, walaupun beliau sering menggelitiku sampai aku menggeliat hebat seperti cacing, aku tetap sayang ayahku :)

2. Punya saudara yang super pintar tapi udik. Arai. dari pertama membaca aku langsung jatuh hati pada orang ini. dari dulu aku suka melihat orang optimis. biasanya mata mereka bersinar terang, senyumnya mengembang seolah mengatakan 'hal menarik apa yang akan kita lakukan hari ini, kawan?' dan begitulah arai. sikap optimisnya membuatku merinding. hati arai itu seperti kertas baru, kertas yang benar-benar baru, baru keluar dari mesin pencetaknya. kalau diibaratkan, arai adalah spesies langka. maksudku, sepertinya sudah punah kehidupan bahu membahu antar saudara di keluargaku. aku tidak pernah melihat kakakku menjahit kancing kemejaku yang lepas atau lia mnyelimutiku saat tidur, seperti yang arai lakukan pada ikal. mungkin iman anak kota memang telah tergerus televisi.
ohya, dan aku tidak tahu harus bilang apa setelah tahu yang memerankan arai itu ariel peterpan:



3. punya rambut keriting yang patuh pada tuannya. mungkin agak aneh, tapi kuberitahu ya, rambutku juga keriting dan terkadang rambut keriting itu tidak semenyenangkan yang orang kira. aku tidak habis pikir deh, apa sih yang dipikirkan orang-orang berambut lurus diluar sana yang mengeriting rambut mereka? halooooooo disini ada yang ingin rambutnya lurus-lurus saja, bukannya meliku-liku tak keruan. kata sepupu-sepupuku rambut keritingku ini langka, aset negara, kata halus dari aneh. kalau keriting biasa sih gak masalah, tapi ini pakai acara mumbung segala, terbang kesana-kemari. aku curiga jangan-jangan mamaku dulu ngidam baking powder ya kok rambut anaknya semi-kribo begini.



4. om andrea pernah datang ke paris fashion week, kuulangi ya, PARIS-FASHION-WEEK, tempat mengukur seberapa canggihnya kah para hilarious desainer membuat baju hingga tampak pas di cewek-cewek ceking itu. oke, walaupun beliau datang dengan setelan door man dan duduk di barisan paling belakang, tapi beliau bisa melihat victoria beckham dan tetek bengek fashion ikon lainnya secara langsung, bukannya dari majalah seperti yang biasa aku lakukan. dan hal paling menyebalkan adalah, beliau melihat supermodel Daria Werbowy - si tiang listrik peringkat delapan model berpendapatan tertinggi versi Forbes- melenggang di catwalk.



5. teman-teman masa kecil yang sangat seru. sedangkan teman-teman sdku dulu kerjaannya bikin geng dan bergosip tentang pacar masing-masing. sumpah, sebenarnya aku ingin bersikap sesuai umur tapi lingkunganku, membuat cara berpikirku menjadi dewasa, sangat dewasa. dulu rasanya aku ingin bergosip tentang boneka barbie seri terbaru saja, daripada si a yang pacarnya begini dan begitu. dan teman-teman dekat smpku sekarang adalah jenis teman yang menertawakan jingle ademsari di tv. but they are the best :)

7. beliau pernah menginjakkan kakinya di menara eiffel, satu-satunya tempat yang ingin aku kunjungi sebelum mati. tidak adil, aku juga ingin melihat kado natal terbesar itu :(

8. sifatnya keras kepala dan pantang menyerah. sementara keputusanku selalu bimbang, oleng kesana-kesini seperti kapal bocor.

9. pernah berkunjung ke edensor, sebuah kota yang diceritakan buku yang diberikan A ling. romantis sekali. aku tidak pernah diberi buku oleh lawan jenis. apalagi sampai bisa ke kotanya. pernah sih, diberi buku oleh ayahku (bagaimanapun juga kan ayahku lawan jenis) dengan judul yang sangat menarik : FISIKA 8A
edensor, kota yang membuatmu sulit bernafas ketika melihatnya



10. hanya dengan menulis pengalamannya, beliau sukses besar. aku juga suka menulis sih, masalahnya, aku tidak tahu apakah ada hal menarik yang bisa aku tulis dari hidupku. memangnya ada orang yang akan membaca Menunggu Jalur 2 atau Kimia Oh Kimia ? dan semua bukunya itu bestseller, ya tuhan, aku bisa melihat label "SUKSES" menempel di dahinya ketika lahir. dan fakta bahwa dia menggeser Mrs. Wilson dari singgasananya, peringkat satu selama bertahun-tahun sebagai pengarang favoritku, menambah kebencianku pada laki-laki belitong ini. laki-laki yang memberiku banyak inspirasi.

Minggu, 10 Januari 2010

EVERYTHING'S TERRIFYING! marching band and mutan biru and my mom bornday and chocolate

yah, oke, liburanku bukan kategori asik sebenarnya, tapi dengan adanya banyak buku cerita aku bisa sembunyi di bawah selimut, mendengarkan radio, dan membaca seharian. aku bukan anak mall, tentu saja, walaupun aku suka sampel parfum yang mereka berikan itu, tapi aku memang gak punya kegiatan lain kok selain membaca dan main piano. maksudku, bagaimana bisa aku main internet seharian seperti anak lainnya kalau kakakku seorang gamer dan rela gak sarapan hanya demi naganya berhasil mebakar seluruh pedesaan di komputer? ini serius aku bahkan belum menyentuh komputer selama liburan.

nah, itulah hal menyebalkan dari cowok. bahkan kalau kau adiknya sekalipun, naga-naga dan kesatria berperang akan jauh lebih penting bagi mereka. memang lalu kenapa kalau mereka memenangkan kerajaan atau apapun itu? toh mereka kan tetap tidak mendapat sepatu boots baru

kadang aku ingin kakakku hilang saja. bukan artian yang mengerikan lho, maksudku betapa menyenangkannya kalau suatu hari dia pamit mau mendaki ke gunung dan tiba-tiba jatuh cinta dengan cewek primitif di sana lalu menikah dan tidak akan pulang kembali. rumah akan damai dan aman, karena sesuai iklan KB, 2 anak lebih baik. jadi aku dan lia bisa tenang mendapat curahan kasih sayang dari papa-mama di sini tanpa dia, dan dia bisa mendapat curahan kasih sayang dari istri primitifnya di sana tanpa kami. sounds cool.

aku jadi bertanya-bertanya seperti apa kakak ipar primitifku nanti ya? mungkin dia akan memakai rok dari kulit rusa, baju dari kulit pohon pinus, kalung dari gigi harimau dan memakai anting yang panjaaaaaaaaaang sekali sampai kupingnya ndower.



yah, bukan kakak ipar yang bisa dibanggakan sih, tapi mungkin cocok untuk kakakku. kita doakan saja semoga mereka bahagia.

ohya, selamat tahun baru ya! aku tidak tahu apakah ada yang telat seminggu mengucapkannya kecuali aku, tapi pokoknya selamat tahun baru! dan yang paling penting, please everybody keep excited. karena kalian gak bakal tahu ada kejutan apa kalau kalian setiap hari penuh semangat dan berpikir positif. aku bukan ahli jiwa sih, toh aku ingin kuliah di jurusan seni bukan kedokteran, tapi kalau kalian mendengarkan lagu ini, yang sudah dibuat versi indonesianya, kalian pasti akan setuju denganku



akhir-akhir ini aku sering mimpi buruk -..- bukan akhir-akhir ini sih, tapi 2 MINGGU belakangan ini aku minggu buruk. itu artinya SELAMA LIBURAN aku mimpi buruk. seakan-akan dewa kematian membacakan berlusin-lusin buku goosebumps untukku seakan itu lagu nina bobo agar liburanku berakhir menyedihkan. dan entah kenapa mimpiku selalu di monopoli dengan monster. bahkan aku bermimpi lia menjadi monster mutan pisang raksasa.

tapi mimpi yang mengerikan tentu saja saat aku mimpi bertemu pemain saxofone. sebenarnya mimpinya agak aneh, karena aku bermimpi aku akan sedang tidur. dan saat akan tidur itulah, aku mendegar suara marching band.

mungkin kalau kalian orang jogja kalian akan mengerti. karena bahkan suara marching band itu bisa didengar saat tengah malam, atau pukul 2 subuh. kata orang-orang itu adalah arwah korban PKI30 yang ditembaki tentara indonesia saat sedang main drumband. katanya lho.

lagipula, aku tidak mengerti dengan para tentara itu. kan mereka bisa sopan sedikit menuggu sampai mereka selesai main drumband, baru ditembaki. eh ini lagi enak-enak menggebuk drum, tiba-tiba ditembaki dengan brutal.tapi gak penting untuk dibahas sih :P

kembali ke mimpi, saat aku mau tidur di damlam mimpiku tadi, aku mendengar suara marching band. seperti orang jogja lainnya aku bersikap eh-ada-hantu-drumband-tapi-njuk-ngopo-aku-kan-dah-sholat lalu hendak menutup mata sampai tiba-tiba suara drumband itu makin keras mendekat, semakin keras, semakin keras, dan tiba-tiba ada HANTU SAXOFONE MENEMBUS JENDELA KAMARKU. benar-benar mengerikan, bahkan lebih mengerikan dari tuyul.

hantu saxofone itu mirip will i am di video klip boom boom pow. DUARIUS. giginya dari kayu dan saxofonenya dari benda mengkilap. dan bukannya berteriak "aku akaaaan membunuhmuuuuu ..." hantu ini malah bilang:

"hai cewek, boleh kenalan?"

kurasa aku harus lebih sering mengaji.



ohya tanggal 18 besok mamaku ulang tahun. dan sebagai anak, aku punya kewajiban tak tertulis tentang memberi kado. tapi, serius deh, selama liburan aku tidak punya uang untuk bersenang-senang termasuk membeli kado, jadi, please, ada saran untuk membuat kado tanpa mengeluarkan biaya?



kemarin aku menemukan coklat silverqueen yang sudah basi dikulkas. untuk aku melihat tanggal kadaluarwasanya dulu, kalau tidak mungkin aku tergeletak di ugd sekarang. dan tahu tidak, saat aku mengambil coklat itu, kakakku dan adikku tersenyum.

aku mencium adanya konspirasi.